Minggu, 16 Juni 2013

3 GEDUNG TERTINGGI DI DUNIA


Setiap negara pasti memiliki gedung. Bahkan di jaman yang semakin modern dan teknologi yang semakin maju ini, banyak negara yang telah membangun gedung-gedung besar, tinggi, serta unik. Gedung-gedung tersebut bahkan bisa menjadi ikon atau ciri khas yang mewakili negara tersebut. Berikut adalah daftar 3 gedung tertinggi di dunia :
1. Burj Khalifa
burj-khalifa
burj-khalifa

Gedung Burj Khalifa terletak di Dubai, Uni Emirat Arab. Gedung ini dibangun pada tahun 2004 dan mulai dibuka tahun 2010. Tinggi gedung ini adalah 828 m. Pada saat pembukaannya Burj Khalifa menjadi Gedung tertinggi dari bangunan apapun yang ada di dunia. Pada saat pembangunannya pula, Burj Khalifa  terus mengungguli bangunan-bangunan tertinggi lainnya di dunia.
Gedung ini berhasil menggeser atau melewati posisi gedung Taipei 101 sebagai Gedung tertinggi di dunia pada 21 Juli 2007. Pada waktu yang sama juga melewati ketinggian CN Tower sebagai struktur bebas (tanpa penyangga) tertinggi di dunia, dan pada tanggal 7 April 2008 struktur tertinggi di dunia dari Menara KVLY-TV yang berada di Blanchard, North Dakota, Amerika Serikat telah digeser pula ketinggiannya. Menara Radio Warsawa 645,4 m (2.120 kaki) yang dibuat pada 1974 (namun runtuh pada saat renovasi pada 1991) berhasil dilewati pada 1 September 2008. Rekor lain dari Menara ini adalah mempunyai lift tercepat dengan kecepatan 60 km/jam atau 16.7 m/s. Gedung ini juga merupakan bangunan dengan paling banyak memiliki lantai yaitu 160 lantai.
2. Abraj Al-Bait Tower
Makkah Clock Royal Tower
makkah-clock-royal-tower
Abraj Al-Bait Tower atau dikenal juga dengan nama Mecca Royal Hotel Clock Tower. Gedung ini terdapat di Mekah, Saudi Arabia. Ketinggian gedung ini mencapai 601 m. Hal menarik dari menara ini adalah letaknya yang berada dekat di selatan pintu masuk Masjidil Haram. Gedung ini memiliki 120 lantai.
Gedung ini memiliki tujuh menara dengan satu menara paling atas dinamakan Hotel Tower. Menara tertinggi ini dikhususkan untuk apartemen/hotel dan berpredikat  hotel berbintang tujuh. Bangunan dibawah tujuh menara ini di isi dengan 5 lantai pusat perbelanjaan, ruang konferensi, dan fasilitas-fasilitas yang lain (termasuk ruang beribadah yang sanggup menampung hingga 10.000 orang). Konstruksi Abraj Al Bait ini dimulai pada tahun 2004 dan selesai dibuka pada tahun 2012. Bisnis perhotelan yang semakin lama menjadi berkembang di kota ini juga tak terlepas dari banyaknya jamaah haji, oleh karena itu Menara Abraj Al Bait ini juga dirancang untuk mampu menampung sampai dengan 100.000 orang.
3. Taipei 101
taipei-101
Taipei 101
Taipei 101 adalah gedung pencakar langit setinggi 101 tingkat di Distrik Xinyi, Taipei, Taiwan. Nama resminya adalah Gedung Finansial Internasional Taipei.  Gedung ini dibuka pada 31 Desember 2004. Sesuai namanya gedung ini memiliki 101 lantai. Luas total 450.000 meter persegi, dengan 214.000 meter persegi untuk fasilitas perkantoran, 77.500 meter persegi untuk kebutuhan komersial sedangkan 73.000 meter perseigi lainnya untuk area parkir.Gedung baru ini adalah salah satu gedung pencakar langit yang paling maju yang pernah dibuat oleh manusia sampai sekarang.
Gedung ini memiliki keunggulan yaitu fiber optik dan hubungan internet satelit yang dapat mencapai kecepatan 1 gigabyte per detik. Toshiba telah menyediakan dua lift tercepat di dunia yang dapat mencapai kecepatan maksimum 1.010 m/min (63 km/jam atau 39 mil/jam) dan mampu membawa pengunjung dari lantai dasar ke lantai pengamat di lantai 89 dalam waktu 39 detik. Sebuah pendulum seberat 800 ton dipasang di lantai 88 untuk menstabilkan menara ini terhadap goyangan yang timbul dari gempa bumi, angin topan maupun gaya geser dari angin.
Sumber:
http://khabuka.blogspot.com
http://en.wikipedia.org
http://architecture.about.com
www.luxurylaunches.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar